والثامن ان يجلس امام الشيخ بالادب كأن يحثو على ركبتيه او يجلس كالتشهد غير انه لا يضع يديه على فخذيه او يجلس متربعا بتواضع وحضوع وسكون وخشوع.
Kedelapan, hendaknya seorang pelajar duduk di hadapan guru dengan penuh adab, seperti duduk dengan bertumpu pada lututnya, atau duduk dalam posisi tasyahhud tetapi tanpa meletakkan tangannya di pahanya, atau duduk bersila dengan penuh ketawadhuan, ketenangan, dan kekhusyukan.
وان لا يلتفت بلا ضرورة، بل يقبل بكليته عليه مصغيا له ناظرا اليه متعقلا لقوله بحيث لا يحوجه الى اعادة الكلام مرة ثانية.
Hendaknya ia tidak menoleh tanpa keperluan, melainkan menghadapkan diri sepenuhnya kepada guru dengan penuh perhatian, mendengarkan dengan saksama, memandang kepadanya, dan memahami ucapannya sehingga tidak membuatnya perlu mengulangi perkataannya dua kali.
ولا ينظر الى يمينه او يساره او فوقه لغير حاجة ولا سيما عند بحثه، ولا يضطرب لضجة يسمعها ولا يلتفت اليها،
Hendaknya Ia tidak melihat ke kanan, ke kiri, atau ke atas tanpa keperluan, terutama saat diskusi berlangsung. ia tidak boleh bingung karena suara keramaian yang terdengar dan tidak menoleh ke arahnya,
ولا ينفض كميه، ولا يحسر عن ذراعيه، ولا يعبث بيديه او رجليه او غيرهما من اعضائه، ولا يفتح فاه، ولا يقرع سنه، ولا يضرب الارض ونحوها براحته او بأصابعه، ولا يشبك اصابع يديه، ولا يعبث بإزاره ونحوه،
Ia tidak mengibaskan lengan bajunya (untuk membersihkan debu), tidak menyingsingkan lengan bajunya, tidak bermain-main dengan kedua tangan, kedua kaki, atau anggota tubuh lainnya. Ia tidak membuka mulutnya, mengetuk giginya, memukul tanah atau benda lain dengan telapak tangan atau jarinya, tidak menyilangkan (mengapit) jari-jarinya, tidak bermain-main dengan pakaiannya atau lainnya,
ولا يستند بحضرة الشيخ الى حائط او مخدة، ولا يعطي الشيخ جنبه او ظهره، ولا يعتمد على يديه الى ورائه او الى جنبه،
Ia tidak bersandar pada dinding atau bantalan di hadapan guru. Ia tidak membelakangi guru dengan memberikan punggungnya atau sisi tubuhnya kepadanya, tidak bersandar dengan kedua tangan ke belakang atau ke sampingnya,
ولا يحكى ما يضحك منه او ما فيه بذاءة وسوء مخاطبة او سوء ادب، ولا يضحك لغيى عجب، ولا يعجب دون الشيخ، فان غلبه يتبسم من غير صوت،
Ia tidak menceritakan sesuatu yang mengundang tawa atau mengandung kata-kata jorok, ucapan buruk serta adab yang jelek. Ia juga tidak tertawa tanpa alasan, tidak merasa kagum dihadapan guru. Jika ia tidak bisa menahan tawa, hendaknya ia hanya tersenyum tanpa suara.
ولا يبصق، ولا يتنحنح ما امكن، ولا يلفظ النخامة من فيه بل يأخذها من فيه بمندل او طرف ثوبه
Ia juga tidak boleh meludah, tidak berdeham sebisa mungkin, tidak membuang dahak dari mulutnya secara sembarangan, melainkan hendaknya mengambilnya dengan sapu tangan atau ujung bajunya.
واذا عطس خفض صوته جهده وستر وجهه بنحو منديل واذا تثاءب ستر فاه بعد رده جهده.
Dan jika ia bersin, hendaknya ia merendahkan suaranya dengan semampunya dan menutupi wajahnya dengan sesuatu seperti sapu tangan. Jika ia menguap, hendaknya ia menutup mulutnya setelah berusaha menahannya.
وان يتأدب مع رفقته وحاضري المجلس، فيوقر اصحابه ويحترم كبراءه واقرانه، فان تأدبه معهم تأدب للشيخ واحترام لمجلسه،
Jika ia berperilaku sopan terhadap teman-temannya dan orang-orang yang hadir dalam majelis, maka ia harus menghormati sahabat-sahabatnya, menghormati orang-orang yang lebih tua dan teman sebayanya. Sebab bersikap sopan terhadap mereka merupakan bentuk penghormatan kepada guru dan memuliakan majelisnya.
ولا يخرج عن صف بنية الحلقة بتقدم او تأخر، ولا يتكلم فى اثناء درس بما لا يتعلق به او بما يقطع عليه بحثه،
Ia tidak boleh keluar dari barisan dengan niat membuat lingkaran dengan maju atau mundur tanpa alasan yang jelas. Ia juga tidak boleh berbicara selama pelajaran berlangsung dengan sesuatu yang tidak ada kaitannya atau yang dapat mengganggu jalannya pembahasan.
وان اساء بعض الطلبة على احد لم ينهره غير الشيخ الا باشارته، وان أساء احد ادبه على الشيخ يتعين على الجماعة انتهاره ورده والانتصار للشيخ لقدر الامكان،
Jika ada sebagian pelajar yang berbuat buruk kepada seseorang, maka tidak ada yang boleh menegurnya kecuali guru, kecuali dengan isyarat dari guru. Namun, jika ada orang yang bersikap tidak sopan terhadap guru, maka wajib bagi jamaah untuk menegurnya dan menolaknya, dan membela kehormatan guru semampunya.
ولا يسبقه الى شرح مسئلة او جواب سؤال الا ان كان باذن منه،
Hendaklah ia tidak mendahului gurunya dalam menjelaskan suatu masalah atau menjawab pertanyaan, kecuali jika mendapat izin darinya
ومن تعظيم الشيخ ان لا يجلس الى جانبه ولا على مصلاه ولا على فراشه، وان امره الشيخ بذلك فلا يفعله الا اذا جزم عليه جزما يشق عليه مخالفته، فلا بأس بامتثال امره فى تلك الحال ثم يعود الى ما يقتضيه الادب،
Salah satu bentuk penghormatan terhadap guru adalah tidak duduk di sampingnya, di tempat shalatnya, atau di atas alas tidurnya. Jika guru memerintahkannya untuk duduk di tempat tersebut, ia tidak boleh melakukannya kecuali jika guru benar-benar menegaskannya dengan cara yang sulit untuk ditolak, maka tidak mengapa mengikuti perintahnya dalam keadaan begitu, kemudian setelahnya ia harus kembali kepada adab yang seharusnya.
وقد تكلم الناس فى أي الامرين اولى ان يعتمد امتثال الامر او سلوك الادب، والذى يترجح التفصيل فان جزم الشيخ بما امره به جزما اكيدا فامتثال الامر اولى، والا فسلوك الادب اولى، لجواز ان بقصد الشيخ اظهار احترامه والاعتناء به فيقابل هو ذلك بما يجب من تعظيم الشيخ والادب معه.
Dan sungguh Orang-orang telah membahas mana yang lebih utama dari kedua hal tersebut : apakah menaati perintah guru atau tetap berpegang pada adab. Pendapat yang lebih kuat adalah dengan merinci: jika guru dengan tegas dan sungguh-sungguh memerintahkan sesuatu, maka menaati perintahnya lebih utama. Namun, jika tidak, maka lebih utama tetap berpegang pada adab, karena mungkin saja guru bermaksud menunjukkan penghormatannya dan perhatian khususnya kepada pelajar, sehingga pelajar harus mengimbanginya dengan menghormati guru dan beradab terhadapnya.
Agus Amar Suchaemi AlBarbasy (Gus Amar), Nyantri di Lirboyo Alumni IKAHA (UNHASY) Tebuireng Jombang.