Khutbah Pertama
الحمد لله الذي أنعم علينا بخاتَم المرسلين, ليهدي الناس الى الحق المبين, وأنزل عليه ﴿وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين﴾.
أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له, خلق الخليقة, وأرشدهم بالنبي الى خير الطريقة. وأشهد أن محمدا عبده ورسوله, الذي أرسله الله الينا رحمة, وهدى به الأمة. صلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان الى يوم القيامة.
قال الله تعالى فى مُحكم تنزيله: يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وابتغوا إليه الوسيلة وجاهدوا في سبيله لعلكم تُفلحون.
أوصيكم وإيّاي نفسى بتقوى الله فقد فاز المتقون. أما بعد…
Jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah SWT.
Dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim, Baginda Rasulullah Saw. bersabda (yang penggalannya):
ومن مات في الطاعون فهو شهيد
Orang yang gugur karena wabah maka ia (mati) syahid
Dari hadits tersebut, maka kemudian kita ber-husnuzh zhan dan berdoa, agar saudara-saudari kita kaum muslimin yang wafat akibat Covid-19, Allah catatan mereka sebagai syuhada, âmîn yâ Rabbal ‘âlamîn.
Namun, juga perlu kiranya menjadi catatan dan perhatian kita, tentang apa yang ditulis oleh Al-Imam Abu Ishaq As-Syathibiy di dalam kitab al-Muwâfaqât-nya, bahwa:
ولأجله قال العلماء بوجوب أكل الميتة خوف التلف, وأن من لم يفعل ذلك فمات دخل النار.
Artinya: Maka dari itu, para ulama mengatakan tentang wajibnya memakan bangkai (dalam keadaan darurat) saat khawatir akan terjadinya kebinasaan (kematian), dan sesungguhnya siapa yang tidak melakukan hal tersebut (memakan bangkai dalam keadaan darurat) lalu ia mati, maka ia masuk neraka.
Jama’ah Jum’at rahimakumullâh
Bangkai jelas haram. Namun, dalam keadaan kelaparan yang mengancam jiwa kita, dan ketika tidak ada yang halal yang bisa kita konsumsi selain bangkai, maka memakan bangkai menjadi wajib hukumnya. Jika kita tidak lakukan itu, lalu kita mati kelaparan, maka kita akan masuk neraka. Demikian tegas pernyataan di dalam kitab al-Muwâfaqât tersebut.
Dalam kondisi pandemi Covid-19, banyak peraturan dan arahan yang dikeluarkan oleh para ahli dan lembaga-lembaga berkompeten serta berwenang yang harus kita taati, demi ikhtiyar keselamatan jiwa kita. Dari protokol kesehatan 3M, 5M, PSBB, PPKM, vaksinasi, dan sebagainya. Lalu, terkait dengan pernyataan Al-Imam As-Syathibiy di atas, jika semua itu kita langgar, lalu kita mati karena Covid, maka masih pantaskah kita berharap mendapat status mati syahid? Tentu jauh panggang dari api. Apalagi, jika sikap melanggar tersebut kita promosikan dan dakwahkan kemana-mana, dibalut dengan dalih konsepsi yang rancu tentang tawakkal, atau teori imajinatif tentang konspirasi, maka status mati syahid akan semakin jauh panggang dari api.
Zumratal mu’minîn rahimakumullâh
Saat Baginda Rasululllah Saw. mendapat berbagai tekanan yang mengancam jiwa beliau, maka beliau hijrah. Berbagai jalur asbâb (kausalitas) beliau tempuh. Beliau meminta Sayyidina Ali ibn Abi Thalib karramallâhu wajhah untuk tidur di tempat beliau biasa tidur, guna mengelabui musyrikin Qurays yang mengepung rumah beliau. Lalu beliau keluar di malam hari. Lalu beliau bersembunyi di gua Tsur. Lalu jejak langkah unta dan kaki beliau bersama Sayyidina Abu Bakr as-Shiddiq ra. dihapus oleh Amir bin Fuhairah, agar penyamaran semakin optimal. Lalu beliau taati arahan rute perjalanan yang ditentukan oleh si ahli rute, meski si ahli rute tersebut adalah seorang penyembah berhala, yaitu Abdullah bin Uraiqith Al-Laitsi.
Hadirin yang mulia, padahal, dulu, ketika Ka’bah hendak dihancurkan oleh Abrahah, Abdul Muththalib, kakek Rasulullah, berdoa kepada Tuhannya agar Ka’bah selamat. Do’a Abdul Muththalib diijabah Allah. Ka’bah selamat. Abrahah dan pasukannya hancur. Maka, apa susahnya bagi Nabi Saw. untuk memanjatkan doa agar Allah binasakan musyrikin Qurays yang memusuhi dan hendak membunuh beliau?! Tentu doa Nabi Saw. lebih manjur dibanding doa Abdul Muththalib. Tapi, yang dilakukan oleh Baginda Rasulullah justru menempuh jalur-jalur asbâb, demi keselamatan jiwa beliau dan keselamatan risalah yang beliau emban. Jika bicara maqom tajrîd (yaitu maqom orang-orang yang tidak perlu menempuh jalur kausalita/sebab-akibat), siapa yang maqom tajrîd-nya lebih tinggi dari Baginda Rasulullah Saw.?!… Namun beliau tidak terlena dengan maqom tajrîd tertinggi yang pasti telah beliau capai itu. Yang perlu kita pahami, Baginda Rasulullah Muhammad Saw. bukan hanya nabi dan rasulnya para awliya yang bermaqom tajrîd, beliau juga seorang nabi dan rasulnya manusia-manusia awam bermaqom asbâb seperti kebanyakan dari kita, maka beliau pun menempuh asbâb, sebagai bentuk contoh teladan bagi kita semua.
Sidang Jum’at yang mulia.
Mari kita bersabar. Sabar untuk menempuh jalur asbâb. Sabar untuk mentaati berbagai aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh para ahli dan pihak berwenang, sebagai ikhtiyar menyelamatkan jiwa kita dari pandemi ini. Karena, sabar adalah ibadah. Taat pun ibadah. Semoga kesabaran kita di dalam ketaatan ini, diganjar oleh Allah SWT dengan ganjaran tiada terhingga, sebagaiman janji-Nya:
إنما يوفى الصابرون أجرَهم بغير حساب (الزمر: 10)
Hanya orang-orang yang bersabarlah yang dipenuhi pahalanya tanpa batas (QS. Az-Zumar: 10)
بارك الله لى ولكم فى القرآن الكريم, ونفعنى وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم, وتقبّل منى ومنكم تلاوته, إنه هو السميع العليم.
أقول قولى هذا, وأستغفر الله لى ولكم ولسائر المسلمين من كل ذنب, فاستغفروا الله, إنه هو الغفور الرّحيم.
Khutbah Kedua
الحمد لله على إحسانه. والشكر له على توفيقه وامتنانه. أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له تعظيما لشأنه, وأشهد أن محمدا عبده ورسوله الداعي الى رضوانه. صلى الله علي سيدنا محمد وسلم عليه وعلى آله وأصحابه وجميع إخوانه وأعوانه.
عباد الله, إِتّقوا الله حق تقواه, وراقبوه مراقبةَ من يعلم أنه يراه.
فقد قال تعالى: يأَيها الذين آمنوا اتّقوا الله حقّ تُقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون.
أللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد, وعلى آل سيدنا محمد, كما صليت وسلّمت وباركت على سيدنا إبراهيم, وعلى آل سيدنا إبراهيم, فى العالمين إنك حميد مجيد.
أللهم اغفر للمسلمين والمسلمات, والمؤمنين والمؤمنات, ألأحياءِ منهم والأموات, إنك سميع قريب مجيب الدعوات, يا قاضي الحاجات.
ربنا أفرغ علينا صبرا وتوفنا مسلمين
ربنا ءاتنا من لدنك رحمة وهيّئ لنا من أمرنا رشدا
ربنا آتنا في الدنيا حسنة, وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.
عباد الله, إن الله يأمر بالعدل والإحسان, وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي, يعظكم لعلكم تذكّرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم, واشكروه على نعمه يزدكم, واسئلوه من فضله يعطكم, ولذكر الله أكبر. والله يعلم ما تصنعون. أقمِ الصلاة.
Penyusun: KH. Ade Muzaini Aziz, Lc., MA., (Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta dan Pengasuh Perguruan Al-Mu’in)