DAHSYATNYA PUASA TASYU’A ‘ASYURO
Khutbah Pertama
اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِأَدَاءِ الشّرَائِعَ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ السَّمِيْعُ الْبَدِيْعُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الصَّمِعُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
Hadirin sidang jum’at yang dimulyakan Allah,
Pertama dan utama marilah kita bersyukur kehadirat Allah swt. Yang telah memberikan berjuta-juta kenikmatan kepada kita sekalian, sehingga kita masih diberi kesempatan dan kekutana untuk bisa melaksanakan sholat jumat di masjid yang mulia ini,
Shalawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad, SAW. Yang telah membingbing kita menuju dunia yang baik dan terang serta jelas, yaitu addiinul islam. Semoga kita selalu beruaha mencintainya dan bershalawat kepadanya serta berusaha dekat dan mendekat sehingga benar-benar dekat dan diakui sebagai ummatnya yang mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, amin.
Hadirin sidang jum’at yang dimuliakan Allah,
Selaku khotib kami mengajak kepada jamaah sekalian dan diri kami pribadi, Marilah kita semangat berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dengan terus berusaha menjalankan perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannaya dengan cara yang diajarkanNya, semoga Allah selalu memberikan kekuatan dan bimbingan serta hidayah dan semangat kepada kita sehingga kita selau dalam keimanan dan ketaqwaan kepadanya Amin.
Hadirin sidang jum’at yang dimuliakan Allah,
Alhamdulillah kita sudah sampai pada bulan Muharram,artinya kita sudah sampai pada tahun baru Islam. Tahun baru Islam atau tahun baru hijriyah merupakan tahun baru ummat Islam yang sebaiknya kita senang dan berupaya memperbaiki ibadah dan aktifitas atau usaha kita agar lebh baik dari tahun yang lalu.
Bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender hijriayh adalah bulan yang baik, bulan yang dimulyakan Allah bersama 3 bulan lainya Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah dan Rajab. Untuk itu sebaikanya kita merayakan tahun baru Islam untuk beribadah atau beraktitas yang beda dan lebih baik dari tahun yang telah lalu. Allah berfirman:
إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ
Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” QS. At Taubah ayat 36-37 :
Dalam bulan Muharaam, ada hari-hari yang baik untuk beribadah yaitu ibadah puasa. Hari baik tersebut adalah hari Tasyu’a dan hari ‘Asyura(hari kesembilan dan kesepuluh bulan Muharram). Kedua hari tersebut adalah hari yang sangat baik bagi ummat Islam untuk melakukan ibadah terlebih khusus ibadah puasa.
Bagaimana sejarah hari Tasyu’a dan Asyura tersebut? Bermula dari sejarah hijrahnya nabi Muhammad saw. dari Makkah ke Madinah pada bulan Rabi’ul awal. Setelah tinggal beberapa bulan di Madinah, dilihatlah kaum Yahudi Madinah berpuasa pada 10 Muharram, kemudian nabi bertanya kepada mereka kaum Yahudi, mengapa kalian berpuasa?, mereka menjawab “hari 10’Asyura adalah hari Allah menyelamatkanNabi Musa dan Bani Israil dari Pembunuhan dan pengejaran Raja Fir’aun.
Kemudian nabi Muhammad berpuasa serta memerintahkan para sahabat untuk ikut berpuasa pada hari ‘Asyura. Para Sahabat elakukan ibadah puasa ‘Asyura dengan anjuran yang kuat untuk melakukannya, bahkan para habat memerintah anak-anak kecil untuk turut berpuasa. Hal ini seperti digambarkan dalam Hadits Muslim No. 1130 Riwayat Ibnu Abbas,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.
“Ketika tiba di Madinah, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam mendapati orang-orang Yahudi melakukan puasa ’Asyura. Kemudian Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bertanya, ”Hari yang kalian bepuasa ini adalah hari apa?” Orang-orang Yahudi tersebut menjawab, ”Ini adalah hari yang sangat mulia. Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya. Ketika itu pula Fir’aun dan kaumnya ditenggelamkan. Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka bersyukur, maka kami pun mengikuti beliau berpuasa pada hari ini”. Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam lantas berkata, ”Kita seharusnya lebih berhak dan lebih utama mengikuti Musa daripada kalian.”. Lalu setelah itu Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa.” (HR. Muslim no. 1130)
Hadirin sidang jum’at yang dimuliakan Allah,
Setelah kita mengetahui sejarah disyariatkannya puasaTasyu’a dan ‘asyura ada baiknya kita lebih jauh mengetahui apa kedahsyatan puas Tasyu’a dan ‘Asyura, :
Pertama: Puasa Mengahpus dosan satu tahun yang telah lalu
Tidak ada manusia yang punya dosa, baik dosa kepada Allah maupun kepada manusia yang lain karena manusia memiliki siafat mahallol khotho’ wannisyan(tempatnya salah dan lupa). Sebagai seorang yang memiliki dosa pasti suatu saat akan menyadari kesalahan atau dosanya. Ketika kesadaran akan dosanya boleh jadi akan berusaha untuk memohon ampun atas dosa yang dilakukan. Dan ketika sudah memohon ampun, apalagi pada waktu jam yang baik dan pas untuk pengampunan,tentunya akan menjadi manusia tersebut merasa lebih aman lantaran sudah memohonampun kepada Allah.
Puasa ‘Asyura merupakan puasa yang sangat baik untuk dilaksanakan, karena itu banyak ulama yang menganjurkan untuk berpuasa dihari ‘asyura. Nasihat para ulama untuk melaksanakan puasa ‘asyura karena puasa ‘asyura bisa menghapus dosa setahun yang telah berlalu. Untuk itu masri kita berusaha untuk perpuasa di hari ‘asyura. Rosululloh bersabda:
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).
Kedua, Puasa Yang Baik setelah Ramadhan,
Allaah telah memberikan kemulyaan kepada bulan Ramadhan untuk berpuasa. Puasa Ramadhan merupakan puasa sebagai wasilah bagi ummat Islam untuk mencapai derajat Muttaqin(orang-orang yang bertaqwa). Puasa Ramadhan menjadi puasa puasa pembersih dosa dan penstimulan menjadi muttaqin.
Puasa Tasyu’a dan ‘Asyura merupakan puasa yang baik dalam pandangan Islam yang juga dapat membersihkan dosa serta menstimulan menjadi muttaqin dengan kualitas dibawah puasa ramadhan. Rosululloh bersada:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ قَالَ شَهْرُ اللَّهِ الَّذِي تَدْعُونَهُ الْمُحَرَّمَ
Abu Hurairah mengatakan, “Seorang laki-laki datang menemui Nabi Muhammad SAW dan bertanya: Puasa apakah yang paling utama setelah puasa Ramadhan? Nabi Muhammad SAW bersabda: Bulan Allah yang kalian sebut Al Muharram.” (Sunan Ibnu Majah).
Ketiga: Puasa harinya-harinya Allah
Hari Tasyu’a dan ‘Asyura adalah hari hari yang sangat baik dan mulia yang sebaiknya menjadi hari yang perlu di tunggu-tunggu untuk melakukan ibadah yang special bagi kita ummat Islam yaitu puasa Tasyu’a dan ‘Asyura dan ibadah lainnya. Allah memulyakan kedua hari tersebut dan Allahpun memebri pertolongan kepada orang orang special dan sejarah. Diantara peristiwa sejarah pentingnya adalah : diciptakannya dan diterimanya taubat nabi Adam AS, Diselamatkannya nabi Nuh dari bahaya banjir, dikeluarkannya nabiYunis dari perut ikan, diselamatkannya nabi Ibrahim dari kobaran api, terbelahnya laut utnuk menyelamatkannya nabi Musa dan peristiwa penting lainnya.
Dengan kebaikan dan keberkahan hari Tasyu’a dan ‘Asyura sehingga Allah menyelematkan mansia-manusia pilihanNya dari kesengsaraan dan pemberian pertolongan kepada Hamba-hambanya yang terpilih, Allahpun menyebut bahwa hari tersebut adalah hari-hariNya, sebagaimana hadist nabi:
أَنَّ أَهْلَ الْجَاهِلِيَّةِ كَانُوا يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَامَهُ وَالْمُسْلِمُونَ قَبْلَ أَنْ يُفْتَرَضَ رَمَضَانُ فَلَمَّا افْتُرِضَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ عَاشُورَاءَ يَوْمٌ مِنْ أَيَّامِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ.
“Sesungguhnya orang-orang Jahiliyah biasa melakukan puasa pada hari ’Asyura. Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam pun melakukan puasa tersebut sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, begitu pula kaum muslimin saat itu. Tatkala Ramadhan diwajibkan, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam mengatakan: Sesungguhnya hari Asyura adalah hari di antara hari-hari Allah. Barangsiapa yang ingin berpuasa, silakan berpuasa. Barangsiapa meninggalkannya juga silakan.” ( HR. Muslim no. 1126)
Keempat, Puasa Sejak Zamana Nabi Musa AS.
Puasa merupakan salah satu syariat dari berbagai agama termasuk agama Islam dengan berbagai bentuk dan cara yang berbeda. Puasa merupakan bentuk Ibadah yang menunjukan ketaatan kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya. Puasa juga bisa disebut sebagai bentuk ibadah karena beryukur kepada Allah.
Nabi Musa AS melakukan ibadah puas pada hari Tasyu’a dan ‘Asyura lantaran terima kasihnya kepada Allah karena telah menyelamatkannya bersama Bani Israil dari kejaran raja fir’aun dan tentaranya sampai menyebrang laut dan dahsyatnya fir’aun dan bala tentaranya tenggelam di tengah laut atas pertolongan Allah dengan memukulkan tongkatnya ke laut. Rosululloh bersabda:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا، قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المَدِينَةَ فَرَأَى اليَهُودَ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: «مَا هَذَا؟»، قَالُوا: هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ هَذَا يَوْمٌ نَجَّى الله بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ عَدُوِّهِمْ، فَصَامَهُ مُوسَى، قَالَ: «فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ»، فَصَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Nabi shallallalhu ‘alaihi wa salam tiba di Madinah, maka beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa hari ‘Asyura. Beliau bertanya kepada mereka: “Ada apa ini?” Mereka menjawab, “Ini adalah hari yang baik. Pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka. Maka Nabi Musa berpuasa pada hari ini.” Nabi shallallalhu ‘alaihi wa salam bersabda, “Saya lebih layak dengan nabi Musa dibandingkan kalian.” Maka beliau berpuasa ‘Asyura dan memerintahkan para shahabat untuk berpuasa ‘Asura.”(HR. Bukhari no. 2204 dan Muslim no. 1130)
Kelima: Puasa Pembeda dengan Yahudi
Seperti dijelaskan dalam sejarah dimulainya puasa ‘Asyura bahwa orang Yahudi telah melakukannya sehingga nabi Muhammad juga melakukannya namun dengan syariat yang berbeda. Dalam Islam bahwa puasa Tasu’a pada hari ke 9 Muharram dan puasa hari ke 11 Muharram yang dijadikan penyempurna puasa Asyura hai 10 Muharram, menjadi pembeda umat Islam dengan umat Yahudi yang sama-sama berpuasa di hari Asyura. Diriwayatkan:
عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا مَرْفُوعًا: صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ، صُومُوا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ يَوْمًا بَعْدَهُ (رواه أحمد)
Artinya, “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra dengan status marfu (Rasulullâh bersabda): ‘Puasalah kalian pada hari Asyura dan bedakan dengan kaum Yahudi, puasalah kalian sehari sebelum atau sesudahnya’.” (HR Ahmad).
Hadirin siding jum’ah yang dimulyakan Allah,
Demikian khutbah yang singkat ini, semoga bisa memahami apa dan bagaimana kita memulyakan hari Tasyu’a dan ‘Asyura yang memiliki kedahsyatan dan kemulyaan beberapa hal:
- Puasa Menghapus Dosa satu tahun yang telah lalu
- Puasa yang baik setelah Ramadhan
- Puasa Hari-harinya Allah
- Puasa Yang tua, Sejak zaman nabi Musa AS
- Puasa Pembeda dengan Yahudi
Semoga Allah memudahkan dan memberi kekuatan serta semangat kepada kita untuk bisa melaksanakan ibadah puasa muharram dan ibadah lain di bulan Muharram, sehingga kita mendapatkan ampunan dan rahmat serta kasih sayang Allah di tahun ini dan tahun depan serta di akhirat nanti, amin amin ya Robbal “aalamiiin.
بَارَكَ اللَّهُ لِىْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِيْ وَاِيَّكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَاِيَّاكُمْ تِلاَ وَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ.
Khutbah kedua
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. اَمَّا بَعْدُ. فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى. وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ.وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَممْوَاتِ اللَّهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ االدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبۡحَٰنَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار . عِبَادَاللَّهِ:
اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ.
KH. Ahmad Misbah, M.Ag., Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Tangerang Selatan, Banten