• Latest
  • Trending
  • All
  • Politik
Hasyim Asy'ari

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 3 Bagian Ke-04)

March 12, 2025
Pasar Lama Cikarang dibongkar

Tata Ulang Kawasan SGC, Pemkab Bekasi Relokasi PKL ke Area Pasar Cikarang

October 28, 2025
PNIB

Refleksi Hari Santri dan Sumpah Pemuda, PNIB: Bahaya Medsos dan Game Online sebagai Alat Propaganda 

October 28, 2025
Pagar Nusa

Pagar Nusa Apresiasi Polri atas Kinerja Berantas Narkoba

October 28, 2025
Wali Kekasih Allah

Ciri Wali (Kekasih) Allah: Tidak ada Rasa Takut dan Larut dalam Kesedihan

October 28, 2025
Kemendikbud Siapkan 150 Ribu Beasiswa untuk Guru yang Belum S1/D4

Kemendikbud Siapkan 150 Ribu Beasiswa untuk Guru yang Belum S1/D4

October 27, 2025
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti

Program Wajib Belajar 13 Tahun pada 2026, PIP untuk TK dan Insentif Guru Dinaikkan

October 27, 2025
MUI

MUI Sentil Tampilnya Biduan dalam Peresmian Masjid di Jawa Tengah

October 27, 2025
Peringati Hari Santri 2025, PWNU DKI Jakarta Ajak Perkuat Nilai-nilai Kejujuran

Peringati Hari Santri 2025, PWNU DKI Jakarta Ajak Perkuat Nilai-nilai Kejujuran

October 27, 2025
Ratusan Juta Uang Rakyat Diduga Disalahgunakan: Proyek Drainase U-Ditch di Sukajaya Asal Jadi, Jalan Licin Membahayakan Warga

Ratusan Juta Uang Rakyat Diduga Disalahgunakan: Proyek Drainase U-Ditch di Sukajaya Asal Jadi, Jalan Licin Membahayakan Warga

October 27, 2025
Melda Safitri

The Ultimate Life Perspektif Islam 

October 26, 2025
  • Iklan
  • Kontak
  • Legalitas
  • Media Sembilan Nusantara
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Tentang
Tuesday, October 28, 2025
  • Login
Liputan9 Sembilan
  • Home
  • Berita
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
  • Artikel
    • Opini
    • Resensi
    • Download
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • Karir
    • UMKM
    • Wisata-Travel
    • Lowongan Kerja
  • Politik
    • Pilkada
    • Pilpres
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Dunia Islam
    • Al-Qur’an
    • Ngaji Kitab
    • Muallaf
    • Khutbah
    • Tanya-Jawab
    • Ramadan
    • Filantropi
    • Seputar Haji
    • Amaliah NU
    • Tasawuf
    • Syiar Islam
  • Lainnya
    • Agenda
    • Sejarah
    • Buku
    • Pendidikan
    • Seni Budaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
  • Artikel
    • Opini
    • Resensi
    • Download
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • Karir
    • UMKM
    • Wisata-Travel
    • Lowongan Kerja
  • Politik
    • Pilkada
    • Pilpres
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Dunia Islam
    • Al-Qur’an
    • Ngaji Kitab
    • Muallaf
    • Khutbah
    • Tanya-Jawab
    • Ramadan
    • Filantropi
    • Seputar Haji
    • Amaliah NU
    • Tasawuf
    • Syiar Islam
  • Lainnya
    • Agenda
    • Sejarah
    • Buku
    • Pendidikan
    • Seni Budaya
No Result
View All Result
Liputan9 Sembilan
No Result
View All Result
Home Dunia Islam Ngaji Kitab

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 3 Bagian Ke-04)

Oleh: Gus Amar

liputan9news by liputan9news
March 12, 2025
in Ngaji Kitab
A A
1
Hasyim Asy'ari

KH. Hasyim Asy'ari, Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia,Pendiri Organisasi Islam Nahdlatul Ulama/Foto: Istimewa

496
SHARES
1.4k
VIEWS

والتاسع ان يحسن خطابه مع الشيخ بقدر الإمكان، فلا يقول لم ولا نسلم ولا من نقل هذا ولا اين موضعه وشبه ذلك.

Kesembilan, hendaknya seorang pelajar memperbaiki cara berbicaranya dengan guru semaksimal mungkin, tidak boleh mengatakan, “Mengapa demikian?”, “Kami tidak setuju”, “Siapa yang mengatakan ini?”, “Di mana letaknya?” dan ungkapan serupa.

فان أراد استفادته تلطف فى الوصول الى ذلك، ثم هو فى مجلس إخر اولى على سبيل الاستفادة،

Jika ia ingin mendapatkan manfaat ilmu dari guru, hendaknya ia bersikap lembut dalam mencapai jawaban atas pertanyaan tersebut, kemudian lebih baik jika ia menanyakannya di majelis lain dengan niat belajar.

واذا ذكر الشيخ شيأ فلا يقول هكذا قلت او خطر لى او كذا قال فلان. وكذا لا يقول قال فلان بخلاف قولك او هذا غير الصحيح ونحو ذلك،

Jika sang guru menyampaikan suatu pendapat, maka ia tidak boleh mengatakan, “Saya juga berpikir demikian”, “Saya juga terpikir hal yang sama”, atau “Si Fulan mengatakan demikian”. Demikian pula tidak boleh berkata, “Pendapat si Fulan bertentangan dengan pendapat Anda” atau “Pendapat ini tidak benar” dan sebagainya.

BeritaTerkait:

Mbah Hasyim dan Santri Nusantara: Api Kebangsaan yang Tak Pernah Padam

PNIB Waspadai Tagar ‘Reset Indonesia’ bisa menjadi Ancaman

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-03)

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-02)

واذا مر الشيخ على قول او دليل ولم يظهر او على خلاف صواب لغفلة او قصور نظر فى تلك الحال، فلا يغير وجهه او عينه بل يأخذه ببشر ظاهر، فان العصمة فى البشر ليست الا الانبياء صلوات الله وسلامه عليهم اجمعين.

Jika guru melewati suatu pendapat atau dalil tanpa menjelaskannya dengan jelas, atau ternyata ada kesalahan karena lupa atau kurang teliti saat itu, maka ia tidak boleh menunjukkan ekspresi wajah atau pandangan mata yang berubah. Sebaliknya, ia tetaplah bersikap ramah dan menunjukkan wajah ceria. Sebab, tidak ada manusia yang ma’shum (terjaga dari kesalahan), kecuali para nabi—shalawat dan salam Allah semoga tercurah kepada mereka semua.

والعاشر اذا سمع الشيخ يذكر حكما فى مسئلة او فائدة او يحكى حكاية او ينشد شعرا وهو يحفظ ذلك أصغى اصغاء مستفيد له فى الحال متعطش اليه فرح به كأنه لم يسمعه قط،

Kesepuluh, jika seorang pelajar mendengar gurunya menyampaikan hukum dalam suatu masalah, menyebut suatu faedah, menceritakan suatu kisah, atau melantunkan syair yang sebenarnya sudah ia ketahui dan hafal, maka hendaknya ia tetap mendengarkannya dengan seksama, seolah-olah sedang mengambil manfaat baru saat itu, penuh antusias, dan merasa bahagia mendengarnya, seakan-akan ia belum pernah mendengarnya sebelumnya.

قال عطاء رضي الله عنه :
انى لأسمع الحديث من الرجل، وانا اعلم به منه، وأريه من نفسى انى لا احسن منه شيأ،

‘Atha’ radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar sebuah hadits dari seseorang, padahal aku lebih mengetahui hadits itu daripadanya, tetapi aku tetap menunjukkan sikap seolah-olah aku tidak mengetahui apa pun tentangnya.”

وعنه قال :
ان بعض الشبان ليتحدث بحديث، فأستمع له كانى لم اسمعه، ولقد سمعته قبل ان يولد،

Ia juga berkata, “Terkadang seorang pemuda menceritakan sebuah hadits, dan aku mendengarkannya seakan-akan aku belum pernah mendengarnya, padahal aku sudah mengetahuinya sebelum ia lahir.”

فان سأله الشيخ عند الشروع فى ذلك عن حفظه فلا يجيب بنعم لما فيه من الاستغناء عن الشيخ فيه، ولا يقول لا لما فيه من الكذب بل يقول احب ان اسمعه من الشيخ او ان استفيده منه.

Jika guru bertanya kepada pelajar sebelum menyampaikan sesuatu, “Apakah engkau sudah menghafalnya?”, maka tidak boleh ia menjawab “Ya”, karena itu menunjukkan seolah-olah ia tidak memerlukan gurunya. Namun, juga tidak boleh menjawab “Tidak”, karena itu berarti berbohong. Sebaiknya ia berkata, “Saya ingin mendengarnya langsung dari guru”, atau “Saya ingin mengambil manfaat ilmu darinya.”

والحادى عشر ان لا يسبق الشيخ الى شرح مسئلة او جواب سؤال، ولا يساوقه منه ولا يظهر معرفته به او ادراكه له،

Kesebelas, hendaknya seorang pelajar tidak mendahului gurunya dalam menjelaskan suatu permasalahan atau menjawab pertanyaan. Ia tidak boleh pula berbicara bersamaan dengan gurunya atau menunjukkan bahwa ia sudah memahami atau mengetahui jawabannya.

ولا يقطع على الشيخ كلامه اي كلام كان، ولا يسابقه، ولا يساوقه، بل يصبر حتى يفرغ الشيخ من كلامه ثم يتكلم،

Ia tidak boleh memotong pembicaraan guru dalam keadaan apa pun, tidak mendahuluinya dalam berbicara, dan tidak berbicara bersamaan dengannya. Sebaliknya, hendaknya ia bersabar hingga guru selesai berbicara, lalu baru ia menyampaikan pendapatnya.

ولا يتحدث مع غيره والشيخ يتحدث معه او مع جماعة المجلس، وليكن ذهنه جاضرا فى جهة الشيخ بحيث اذا امره بشيء او سأله عن شيء او اشار اليه لم يحوجه الى الاعادة ثانيا

Ia tidak boleh berbicara dengan orang lain saat guru sedang berbicara, baik secara langsung kepada dirinya maupun kepada seluruh majelis. Hendaknya pikirannya selalu fokus pada guru, sehingga jika guru memerintahkannya sesuatu, menanyakan sesuatu, atau memberikan isyarat, ia tidak perlu mengulang atau menjelaskan kembali untuk yang kedua kalinya.

Bersambung >

Agus Amar Suchaemi AlBarbasy (Gus Amar), Nyantri di Lirboyo Alumni IKAHA (UNHASY) Tebuireng Jombang.

Tags: Guru NgajiGus AmarKH. Hasyim Asy'ariKitab Adabul Alim wal MutaallimKitab KuningNgaji Kitab
Share198Tweet124SendShare
liputan9news

liputan9news

Media Sembilan Nusantara Portal berita online yang religius, aktual, akurat, jujur, seimbang dan terpercaya

BeritaTerkait

Mbah Hasyim dan Santri Nusantara: Api Kebangsaan yang Tak Pernah Padam
Opini

Mbah Hasyim dan Santri Nusantara: Api Kebangsaan yang Tak Pernah Padam

by liputan9news
October 22, 2025
0

"Perjuangan Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari membuktikan bahwa semangat santri bukan hanya tentang agama, tetapi juga tentang cinta tanah air dan...

Read more
PNIB-Reset Indonesia

PNIB Waspadai Tagar ‘Reset Indonesia’ bisa menjadi Ancaman

September 22, 2025
Hasyim Asy'ari

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-03)

May 19, 2025
Hasyim Asy'ari

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-02)

May 6, 2025
Load More

Comments 1

  1. Pingback: Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 3 Bagian Ke-03) - Liputan 9

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Gus Yahya

PBNU Respon Rais Am JATMAN yang telah Demisioner dan Teken Sendirian Surat Perpanjangan Kepengurusan

November 26, 2024
Akhmad Said Asrori

Bentuk Badan Hukum Sendiri, PBNU: JATMAN Ingin Keluar Sebagai Banom NU

December 26, 2024
Jatman

Jatman Dibekukan Forum Mursyidin Indonesia (FMI) Dorong PBNU Segera Gelar Muktamar

November 22, 2024
Al-Qur’an Surat Yasih Arab-Latin dan Terjemahnya

Al-Qur’an Surat Yasih Arab-Latin dan Terjemahnya

2463
KBRI Tunis Gelar Forum Peningkatan Ekspor dan Investasi di Sousse, Tunisia

KBRI Tunis Gelar Forum Peningkatan Ekspor dan Investasi di Sousse, Tunisia

757
KA Turangga vs KA Commuter Line Bandung Raya Tabrakan, Apa Penyebabnya?

KA Turangga vs KA Commuter Line Bandung Raya Tabrakan, Apa Penyebabnya?

141
Pasar Lama Cikarang dibongkar

Tata Ulang Kawasan SGC, Pemkab Bekasi Relokasi PKL ke Area Pasar Cikarang

October 28, 2025
PNIB

Refleksi Hari Santri dan Sumpah Pemuda, PNIB: Bahaya Medsos dan Game Online sebagai Alat Propaganda 

October 28, 2025
Pagar Nusa

Pagar Nusa Apresiasi Polri atas Kinerja Berantas Narkoba

October 28, 2025
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
  • Media Sembilan Nusantara

Copyright © 2024 Liputan9news.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
  • Artikel
    • Opini
    • Resensi
    • Download
  • Ekonomi
    • Wisata-Travel
    • Bisnis
    • Karir
    • UMKM
    • Lowongan Kerja
  • Politik
    • Pilkada
    • Pilpres
  • Kesehatan
  • Dunia Islam
    • Filantropi
    • Amaliah NU
    • Al-Qur’an
    • Tasawuf
    • Muallaf
    • Sejarah
    • Ngaji Kitab
    • Khutbah
    • Tanya-Jawab
    • Ramadan
    • Seputar Haji
    • Syiar Islam
  • Lainnya
    • Agenda
    • Pendidikan
    • Sejarah
    • Buku
    • Tokoh
    • Seni Budaya

Copyright © 2024 Liputan9news.

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In