Dalam rilis Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya bahwa tahun 2023 ini, Indonesia mendapat 221.000 kuota jemaah haji. Jumlah ini terdiri atas 203.320 kuota jemaah haji reguler dan 17.680 kuota jemaah haji khusus. Berdasar data, bahwa dari total jumlah jamaah haji Indonesia tersebut, sekitar 67.000 calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini berusia lanjut. Dengan jumlah jamaah haji berusia lanjut Ini, maka sangat tepat Kementerian Agama RI menetapkan kebijakan haji ramah lansia pada tahun 2023.
Perhari ini, jamaah haji Indonesia termasuk jamaah lansia secara bergelombang sudah masuk dan memadati hotel-hotel di sekitar Daker Makkah, mulai dari sektor 1 sampai dengan sektor 13. Penegasan Gusmen sapaan akrab menteri Agama RI, seluruh petugas PPIH harus memastikan bahwa jemaah haji lansia mendapat semua akses selama menjalankan prosesi ibadah haji.
Pada konteks inilah, maka dari mulai bimtek petugas PPIH tahun 2023 telah diwanti-wanti agar bisa harus memahami hal-hal teknis seperti cara berkomunikasi dan melayani jemaah lansia yang perlu penanganan khusus. Sebab, pada usia lansia, terjadi kemunduran dan berkurangnya fungsi organ tubuh serta mental. Berdasarkan pengamatan secara empiris terhadap kinerja PPIH Sektor 11 Daker Makkah yang berlokasi di Misfalah, ragam layanan terhadap jama’ah haji lansia meliputi: layanan fasilitasi, layanan empatik, layanan konseling dan layanan medis.
Layanan Fasilitasi bagi Jamaah Haji Lansia
Layanan fasilitasi ini bertujuan memberikan kemudahan kepada Jamaah haji lansia dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan ssecara optimal, seimbang dan selaras dengan kondisi psikologi pribadinya. Salah satu keberhasilan layanan terhadap haji lansia adalah penyediaan kebutuhan sarana dan prasarana memadai agar layanan bisa efektif dan efesien. Tugas layanan ini banyak dilakukan oleh PPIH bidang akomodasi, dimulai dari pengecekan secara detil sarana dan prasarana yang ada di hotel agar ramah terhadap jamaah lansia.
Pengecekan sarana dan prasarana yang ramah bagi jamaah lansia di setiap hotel sangat penting karena dapat menumbuhkan sikap optimisme iika ruang kamar hotel yang akan ditempatinya sangat nyaman dan peralatan yang dibutuhkan mereka tersedia. Kenyamanan dan kelengkapan sarana dan prasarana bagi jamaah lansia ini adalah pintu pertama lahirnya suasana psikologis yang bisa menumbuhkan serta mengembangkan kebahagiaan jamaah haji lansia selama melaksanakan prosesi ibadah hajinya.
Layanan Empatik bagi Jamaah Haji Lansia
Layanan empatik adalah proses layanan bantuan dengan melihat dan memahami permasalahan yang sedang dialami dan dihadapi oleh jamaah haji lansia dengan dmuilai mengidentifikasi perasaan dan posisi jamaah. Diantara layanan empati yang telah dilakukan oleh petugas PPIH adalah saat pra dan paska kedatangan para jamaah lansia, seperti mengendong jamaah haji lansia saat turun dari bus kedatangan, mendorong kursi roda saat jamaah haji lansia masuk hotel atau melakukan umrah, menghantarkan secara seksama masuk ke bis shalawat saat mau umrah atau ke haram, mendampingi jamaah lansia yang tersesat agar tetap aman dan kembali lagi ke hotelnya masing-masing dan lainnya.
Layanan empatik ini juga akan melahirkan perasaaan aman dan nyaman bagai jamaah haji lansia. karena tindakan yang dilakukan oleh petugas PPIH didasarkan kepada kasih sayang dan perhatian penuh. Sepakat dengan Daniel Goleman dalam, “Social Intellegence”, layanan empati ini akan berjalan efektif apabila diiringi oleh ketulusan, kerelaan dan keikhlasan saat melayani orang lain, terkhusus lansia. Pada konteks inilah, para petugas PPIH 2023 sektor 11 Daker Makkah selalu belajar kerja ikhlas dan melepaskan egosentris pribadi saat menjalani tugas melayani jamaah haji lansia.
Layanan Konseling bagi Jamaah Haji Lansia
Layanan konseling ini merupakan upaya pemberian bantuan kepada jamaah haji lansia secara terus menerus selama proses ibadah haji agar mental bisa berkembang secara sehat, berkembang pemahaman diri dan juga berkembang kemandiriannya. Layanan konseling bagi jamaah haji lansia ini memiliki fungsi pemahaman. dan pengembangan. Artinya petugas PPIH akan selalu membantu atau membimbing para jamaah haji lansia agar memiliki pemahaman terhadap dirinya (potensinya), lingkungannya dan tata cara ibadah haji yang memudahkan dan tidak memberatkan dirinya. Bahkan juga memiliki fungsi preventif, dimana para petugas PPIH 2023 selalu responsif dan proaktif dalam mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya sedini mungkin supaya tidak dialami oleh para jamaah lansia saat proses melaksanakan ibadah haji. Para petugas PPIH selalu memberikan bimbingan kepada jamaah lansia tentang cara menghindarkan diri dari perbuatan atau kegiatan yang membahayakan dirinya selama proses ibadah haji, baik didalam hotel maupun diluar hotel.
Baca juga: Ibadah Haji: Kerinduan Ke Persatuan Umat
Begitupun layanan konseling ini memiliki fungsi perbaikan. Dimana para petugas PPIH saat melakukan komunikasi dengan para jamaah lansia selalu berusaha menciptakan lingkungan yang kondusif, dengan memberi pelayanan informasi, tutorial, curah pendapat, room visit, dan lainnya. Giat layanan konseling ini dimungkinkan dapat membantu para jamaah lansia agar dapat memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak selama dalam proses ibadah haji. Oleh karena itu, intervensi konseling yang dilakukan oleh para petugas PPIH selalu berusaha membimbing jamaah haji lansia agar memiliki pola berfikir yang sehat, rasional dan perasaan yang tepat agar bisa mengantarkan kepada tindakan yang positif, produktif dan sehat selama proses melaksanakan ibadah haji.
Layanan Medis bagi Jamaah Haji Lansia
Layanan medis bagi jamaah haji lansia ini merupakan layanan khusus yang bertujuan untuk mengatasi masalah medis. Selain menerima pengobatan di lokasi satelit kesehatan, layanan medis ini juga dilakukan secara proaktif dengan melakukan layanan pencegahan timbulnya masalah lain dengan melakukan pemeriksaan atau medical check up secara rutin bagi jamaah haji lansia, terutama yang risti melalui kegiatan visiting ke kamar-kamar jamaah haji yang terdapat lansianya. Tujuannya agar kondisi kesehatan jamaah haji lansia dapat selalu terpantau.
Demikianlah potret sederhana layanan haji ramah lansia tahun 2023, terkusus di sektor 11 Misfalah daker Makkah. Ragam layanan haji ramah lansia ini, mudah-mudahan dapat menghantarkan senyuman, kebahagiaan, kenyamanan, keamanan dan kemudahan akses bagi para jamaah haji lansia tahun 2023 selama dalam proses ibadah haji dan berujung kepada raihan haji mabrur.
Dudy Imanuddin Effendi, (Petugas PPIH 2023, Dosen FDK UIN SGD Bandung dan Wakil Ketua LAKPESDAM Jawa Barat)