Pernahkah Anda Bertanya mengapa Pembelajaran Terpadu umunya diterapkan di Pendidikan Dasar Khususnya Awal Kelas seperti kelas 1, 2, 3? Apa alasan penerapan pembelajaran Terpadu hanya dilakukan di Sekolah dasar? Nah, kali ini akan membahas mengapa pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar (SD).
Alasan pendidikan terpadu cocok diterapkan di SD dilihat dari definisinya.
Sebelum memasuki bangku sekolah, anak terbiasa memandang dan mempelajari segala peristiwa yang terjadi di sekitarnya atau yang dialaminya sebagai suatu kesatuan yang utuh (holistik). Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran terpadu.
Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran terpadu, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.
Dengan demikian, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah yang kompleks yang ada di lingkungan sekitarnya dengan pandangan yang utuh. Dengan pembelajaran terpadu ini siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, menilai dan menggunakan informasi yang ada di sekitarnya secara bermakna. Hal itu dapat diperoleh tidak saja melalui pemberian pengetahuan baru kepada siswa melainkan juga melalui kesempatan memantapkan.
Fokus perhatian pembelajaran terpadu terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka pengertian pembelajaran terpadu dapat dilihat sebagai berikut:
- suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak;
- suatu cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak secara serempak (simultan);
- merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan harapan siswa akan belajar dengan lebih baik dan bermakna.
Alasan Pembelajaran Terpadu Cocok Diterapkan di SD Dilihat Dari Dampak Positif.
Selain itu, alasan mengapa pembelajaran terpadu sangat cocok diterapkan di Sekolah Dasar adalah dilihat dari dampak positif yang dihasilkan kepada siswa. Diantaranya.
- Pembelajaran terpadu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct experiences). Dengan pengalaman langsung ini, siswa dihadapkan pada sesuatu yang nyata (konkret) sebagai dasar untuk memahami hal-hal yang lebih abstrak.
- Pembelajaran terpadu menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, siswa dapat memahami konsep-konsep tersebut secara utuh. Hal ini diperlukan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
- Pembelajaran terpadu bersifat luwes (fleksibel), sebab guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan di mana sekolah dan siswa berada.
- Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Dengan demikian, siswa diberi kesempatan untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.
Jadi pembelajaran terpadu itu sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar agar para peserta didik memahami dengan secara baik.
Sarah Nahilla Zaini, Senja Pertiwi, Mochamed Hildan Praja, Reinald Fahrezzi, Penulis adalah Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Prodi PGSD
Sumber: Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022. www.naikpangkat.com