الحمد لله، الحمد لله الذى جعل الاسلام طريقا سويّا، ووعد للمتمسّكين به مكانا عليّا.
أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له، شهادة من هو خير مّقاما وأحسنُ ندِيّا. وأشهد أن سيّدنا محمدا عبده ورسوله المتّصف بالمكارم كبارا وصبيّا.
أللّهم صلّ وسلّم على سيدنا محمد،كان صادق الوعد وكان رسولا نبيّا، وعلى آله وصحبه الذين يُحسنون إسلامهم ولم يفعلوا شيئا فرِيّا.
أما بعد، فياأيّها الحاضرون، اوصيني نفسى وإيّاكم بتقوى الله، فقد فاز المتقون.
فقد قال الله تعالى: يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Ma’âsyiral muslimîn rahimakumullâh
Betapa pentingnya peran buruh, sehingga setiap tanggal 1 Mei masyarakat dunia merasa perlu untuk merayakannya sebagai Hari Buruh.
Islam pun memandang penting peran seorang buruh, sehingga ajaran Islam tidak absen di dalam memberikan panduan tentang buruh. Di antara panduan Islam berkenaan dengan buruh, adalah:
Pertama: Memuliakan buruh. Di dalam hadits diterangkan:
عن المعرور بن سويد، قال: رأيت أبا ذر وعليه حلة، وعلى غلامه مثلها، فسألته عن ذلك، قال: فذكر أنه ساب رجلا على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم، فعيره بأمه، قال: فأتى الرجل النبي صلى الله عليه وسلم، فذكر ذلك له، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: إنك امرؤ فيك جاهلية، إخوانكم وخولكم، جعلهم الله تحت أيديكم، فمن كان أخوه تحت يديه، فليطعمه مما يأكل، وليلبسه مما يلبس، ولا تكلفوهم ما يغلبهم، فإن كلفتموهم فأعينوهم عليه. (رواه مسلم)
Dari Al-Ma’rur bin Suwaid, ia berkata: Aku pernah melihat Abu Dzar ra. mengenakan pakaian yang sama dengan pelayannya. Lantas aku menanyakan hal itu kepadanya, ia pun menyebutkan bahwa dirinya pernah mencaci seorang lelaki di zaman Rasulullah Saw. dengan mencela ibunya. Kemudian Nabi Muhammad Saw. Bersabda: Sesungguhnya engkau adalah orang yang di dalam dirimu ada sifat jahiliyah. Mereka adalah saudara dan pembantu kalian, Allah telah menjadikan mereka di bawah (kekuasaan) tangan-tangan kalian. Barangsiapa yang keadaan saudaranya berada di bawah kekuasaannya, hendaklah ia memberi makan dari apa yang ia makan, memberi pakaian dari apa yang ia pakai, dan janganlah kalian memberinya pekerjaan yang tidak sanggup mereka kerjakan. Jika kalian membebaninya pekerjaan, maka bantulah mereka. (HR. Muslim)
Kedua: Memenuhi hak buruh, sebagaimana termaktub di dalam hadits:
عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: قال الله: ثلاثة أنا خصمهم يوم القيامة: رجل أعطى بي ثم غدر، ورجل باع حرا فأكل ثمنه، ورجل استأجر أجيرا فاستوفى منه ولم يعط أجره (رواه البخاري)
Dari Abi Hurayrah ra., dari Nabi Saw., beliau bersabda: Allah SWT. berfirman (hadits qudsiy): Tiga golongan (manusia) yang aku akan menjadi musuh mereka pada hari Kiamat: 1) Orang yang berjanji dengan Nama-Ku lalu ia ingkar; 2) Orang yang menjual orang merdeka (bukan budak) lalu ia makan uang hasil penjualannya; 3) Seseorang yang mempekerjakan seorang buruh, namun setelah buruh tersebut menyelesaikan pekerjaannya orang tersebut tidak memberinya upah. (HR. Al-Bukhari)
Bahkan, di dalam hadits riwayat Ibnu Umar, Baginda Rasulullah Saw. pernah berpesan:
أعطوا الأجير أجره قبل أن يجفّ عرقه
Bayarlah upah buruhmu sebelum peluh keringatnya mengering. (HR. Ibu Majah)
Zumratal Muwahhidîn rahimakumullâh
Yang perlu kita cermati, konteks hadits di atas adalah adalah tentang memperlakukan hamba sahaya. Hamba sahaya saja begitu mulia diperlakukan oleh Islam, sebagaimana perintah Nabi Saw. di dalam hadits di atas, apalagi seorang buruh yang jelas-jelas bukan hamba sahaya, tentu harus mendapatkan pemuliaan yang lebih lagi.
Ketiga: Tidak membebaninya dengan beban yang membahayakannya
Dalam kisah antara Syeikh (sesepuh) kota Madyan (ada yang berpendapat bahwa ia adalah Nabi Syuaib as.) dan Nabi Musa as., ada penggalan kalimat yang diucapkan Syeikh Madyan tersebut kepada Nabi Musa as.:
وما أريد أن أشق عليك
…tidaklah aku bermaksud untuk memberatkanmu (QS. Al-Qashash: 27)
Dari ayat ini dapat kita ambil panduan bahwa membebani buruh dengan pekerjaan yang di luar batas kewajaran atau kekuatan atau kemampuannya, yang bisa membahayakannya, adalah hal yang dilarang oleh Islam.
Keempat: Termasuk memuliakan buruh adalah menjaga dan memenuhi hak buruh terkait kebebasannya untuk menjalankan ibadah. Allah SWT berfirman:
الَّذِينَ يَسْتَحِبُّونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا عَلَى الْآخِرَةِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا أُولَئِكَ فِي ضَلَالٍ بَعِيدٍ
Yaitu orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada (kehidupan) Akhirat, dan menghalang-halangi (orang lain) dari jalan Allah dan menginginkan (jalan yang) bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh. (QS. Ibrahim: 3)
Bahkan, jika si buruh adalah non-Muslim sekalipun, ia berhak untuk mendapat kebebasan menjalankan kewajiban ibadah agamanya, sebagaimana yang termaktub di dalam kitab Asnâ al-Mathâlib: 2/436
Kelima: Buruh berhak untuk mengadukan dan memperkarakan nasibnya jika merasa diperlakukan dengan zalim.
Sidang Jum’at yang dirahmati Allah SWT.
Islam adalah agama yang mengusung keadilan, untuk siapapun, termasuk buruh. Allah SWT berfirman:
وَمَا اللَّهُ يُرِيدُ ظُلْمًا لِلْعِبَادِ
Dan Allah tidaklah menghendaki kezaliman bagi para hamba-Nya (QS. Ghafir: 31)
Dari ayat di atas dapat kita pahami, Allah SWT saja tidak pernah menzalimi hamba-Nya, maka bagimana mungkin ada hamba ada yang merasa berhak untuk menzalimi sesamanya. Maka, tidak seorangpun boleh dizalimi, termasuk buruh. Di sisi lain, semua pihak berhak memperoleh keadilan, termasuk buruh.
Demikianlan, semoga dalam momentum Hari Buruh ini, kita dapat memiliki keinsyafan tentang betapa pentingnya kedudukan buruh di dalam Islam, sehingga melahirkan sikap pemuliaan kita kepada saudara-saudara kita tersebut, sambil terus berusaha dan berdoa agar Allah SWT sejahterakan kehidupan mereka dengan limpahan rahmat dan rizki-Nya, âmîn yâ Rabbal ‘âlamîn.
بارك الله لى ولكم فى القرآن الكريم. ونفعنى وإيّاكم بما فيه من الآيات والذّكر الحكيم. وتقبّل منّى ومنكم تلاوته, إنّه هو السّميع العليم. أقول قولى هذا وأستغفر الله لي ولكم ولسائر المؤمنين من كل ذنب, فاستغفروه…إنّه هو الغفور الرّحيم.
Khutbah Kedua
الحمد لله على إحسانه. والشكر له على توفيقه وامتنانه. أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له تعظيما لشأنه, وأشهد أن محمدا عبده ورسوله الداعي الى رضوانه. صلى الله علي سيدنا محمد وسلم عليه وعلى آله وأصحابه وجميع إخوانه وأعوانه.
عباد الله, إِتّقوا الله حق تقواه, وراقبوه مراقبةَ من يعلم أنه يراه.
فقد قال تعالى: يأَيها الذين آمنوا اتّقوا الله حقّ تُقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون.
أللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد, وعلى آل سيدنا محمد, كما صليت وسلّمت وباركت على سيدنا إبراهيم, وعلى آل سيدنا إبراهيم, فى العالمين إنك حميد مجيد.
أللهم اغفر للمسلمين والمسلمات, والمؤمنين والمؤمنات, ألأحياءِ منهم والأموات, إنك سميع قريب مجيب الدعوات, يا قاضي الحاجات.
ربنا أفرغ علينا صبرا وتوفنا مسلمين
ربنا ءاتنا من لدنك رحمة وهيّئ لنا من أمرنا رشدا
ربنا آتنا في الدنيا حسنة, وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.
عباد الله, إن الله يأمر بالعدل والإحسان, وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي, يعظكم لعلكم تذكّرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم, واشكروه على نعمه يزدكم, واسئلوه من فضله يعطكم, ولذكر الله أكبر. والله يعلم ما تصنعون. أقمِ الصلاة.
Penyusun: KH. Ade Muzaini Aziz,Lc., MA., Pengasuh Yayasan Al-Mu’in Kota Tangerang