• Latest
  • Trending
  • All
  • Politik
Hasyim Asy'ari

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 3 Bagian Ke-02)

March 11, 2025
Syekh Naim

Sekjen Hizbullah Sebut Serangan ke Rumah Netanyahu Tunjukkan Keberhasilan Intelijen yang Signifikan

October 28, 2025
UMKM Langkah Awal Membangun Kewirausahaan

Langkah Awal Membangun Kewirausahaan

October 28, 2025
Ibn Khaldun

Ibn Khaldun, Filsafat Sejarah, Sejarah Sosial

October 28, 2025
Pasar Lama Cikarang dibongkar

Tata Ulang Kawasan SGC, Pemkab Bekasi Relokasi PKL ke Area Pasar Cikarang

October 28, 2025
PNIB

Refleksi Hari Santri dan Sumpah Pemuda, PNIB: Bahaya Medsos dan Game Online sebagai Alat Propaganda 

October 28, 2025
Pagar Nusa

Pagar Nusa Apresiasi Polri atas Kinerja Berantas Narkoba

October 28, 2025
Wali Kekasih Allah

Ciri Wali (Kekasih) Allah: Tidak ada Rasa Takut dan Larut dalam Kesedihan

October 28, 2025
Kemendikbud Siapkan 150 Ribu Beasiswa untuk Guru yang Belum S1/D4

Kemendikbud Siapkan 150 Ribu Beasiswa untuk Guru yang Belum S1/D4

October 27, 2025
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti

Program Wajib Belajar 13 Tahun pada 2026, PIP untuk TK dan Insentif Guru Dinaikkan

October 27, 2025
MUI

MUI Sentil Tampilnya Biduan dalam Peresmian Masjid di Jawa Tengah

October 27, 2025
  • Iklan
  • Kontak
  • Legalitas
  • Media Sembilan Nusantara
  • Privacy Policy
  • Redaksi
  • Tentang
Wednesday, October 29, 2025
  • Login
Liputan9 Sembilan
  • Home
  • Berita
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
  • Artikel
    • Opini
    • Resensi
    • Download
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • Karir
    • UMKM
    • Wisata-Travel
    • Lowongan Kerja
  • Politik
    • Pilkada
    • Pilpres
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Dunia Islam
    • Al-Qur’an
    • Ngaji Kitab
    • Muallaf
    • Khutbah
    • Tanya-Jawab
    • Ramadan
    • Filantropi
    • Seputar Haji
    • Amaliah NU
    • Tasawuf
    • Syiar Islam
  • Lainnya
    • Agenda
    • Sejarah
    • Buku
    • Pendidikan
    • Seni Budaya
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
  • Artikel
    • Opini
    • Resensi
    • Download
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • Karir
    • UMKM
    • Wisata-Travel
    • Lowongan Kerja
  • Politik
    • Pilkada
    • Pilpres
  • Kesehatan
  • Olahraga
  • Dunia Islam
    • Al-Qur’an
    • Ngaji Kitab
    • Muallaf
    • Khutbah
    • Tanya-Jawab
    • Ramadan
    • Filantropi
    • Seputar Haji
    • Amaliah NU
    • Tasawuf
    • Syiar Islam
  • Lainnya
    • Agenda
    • Sejarah
    • Buku
    • Pendidikan
    • Seni Budaya
No Result
View All Result
Liputan9 Sembilan
No Result
View All Result
Home Dunia Islam Ngaji Kitab

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 3 Bagian Ke-02)

Oleh: Gus Amar

liputan9news by liputan9news
March 11, 2025
in Ngaji Kitab
A A
1
Hasyim Asy'ari

KH. Hasyim Asy'ari, Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia,Pendiri Organisasi Islam Nahdlatul Ulama/Foto: Istimewa

506
SHARES
1.4k
VIEWS

فى آداب المتعلم مع شيخه…

والخامس ان يعرف له حقه ولا ينسى له فضله، وان يدعو له مدة حياته وبعد مماته، ويراعى ذريته واقاربه واودائه، ويتعاهد زيارة قبره والاستغفار له والصدقة عنه ويسلك فى اليمت والهدى مسلكه، ويراعي فى الدين والعلم عادته، ويتأدب بأدابه ولا يدع الاقتداء به.

Kelima, seorang pelajar hendaklah mengenali hak gurunya, tidak melupakan jasanya, serta mendoakannya selama hidupnya dan setelah wafatnya. Ia juga harus memperhatikan anak keturunannya, kerabatnya, serta sahabat-sahabatnya. Selain itu, ia dianjurkan untuk menziarahi makam gurunya, memohonkan ampun untuknya, bersedekah atas namanya, mengikuti jejaknya dalam kebaikan dan petunjuk, menjaga kebiasaannya dalam agama dan ilmu, beradab dengan adabnya, serta tidak meninggalkan sikap mengikuti keteladanannya.

والسادس ان يتصبر على جفوة تصدر من الشيخ او سوء خلقه، ولا يصده ذلك عن ملازمته واعتقاد كماله، ويتأول لافعاله التى يظهر ان الصواب خلافها على احسن تأويل، واذا جفاه الشيخ ابتدأ هو بالاعتذار واظهر الذنب له والتعب عليه، فان ذلك ابقى لمودة شيخه على توقيفه فيما فيه فضيلة وعلى توبيخه على ما فيه نقيصة او على كسل يعتريه او على تقصير يعانيه، او غير ذلك مما فى ايقافه عليه وتوبيخه ارشاده واصلاحه، ويعد ذلك من الشيخ من نعم الله تعالى باعتناء الشيخ به ونظره اليه، فان ذلك اميل لقلب الشيخ وابعث على الاعتناء بمصالحه.

Keenam, seorang pelajar hendaklah bersabar terhadap ketidaksopanan atau akhlak kurang baik yang mungkin muncul dari gurunya. Hal tersebut jangan sampai menghalanginya untuk terus menemaninya (untuk belajar padanya) serta meyakini kesempurnaannya. Ia harus menafsirkan tindakan gurunya yang tampaknya keliru dengan tafsiran yang lebih baik. Jika gurunya bersikap kasar padanya, hendaknya ia yang memulai meminta maaf, menunjukkan rasa bersalah, dan merasa bertanggung jawab atas kesalahannya. Karena hal itu akan lebih menjaga terhadap kasih sayang gurunya untuk membuatnya tetap pada sikap yang mengandung keutamaan, dan menerima teguran atas sikap yang mengandung kekurangan, atas kemalasan, atau kelalaian yang mungkin dimilikinya, atau hal lainnya yang mana pada nasehat dan teguran tersebut terdapat petunjuk gurunya dan upaya untuk memperbaiki sikapnya. Ia harus menganggap teguran dan nasehat dari gurunya tersebut sebagai nikmat dari Allah dengan adanya perhatian dan kepedulian gurunya terhadap dirinya. Karena hal itu lebih mencondongkan kepada hati gurunya dan lebih membangkitkan perhatian gurunya dengan kebaikan-kebaikannya.

واذا اوقفه الشيخ على دقيقة من ادب او نقيصة صدرت منه كان يعرفها من قبل فلا يظهر انه كان عارفا بها وغفل عنها بل يشكر الشيخ على افادته ذلك واعتنائه بامره، فان كان له فى ذلك عذر وكان اعلام الشيخ به اصلح فلا بأس، والا تركه الا ان يترتب على ترك بيان العذر مفسدة فيتعين اعلامه.

Jika gurunya menegurnya atas kesalahan kecil dalam adab atau kekurangan yang telah diketahuinya sebelumnya, maka ia tidak boleh menunjukkan bahwa ia sudah mengetahui hal tersebut tapi lupa. Sebaliknya, ia harus berterima kasih kepada gurunya atas bimbingannya dan perhatiannya terhadap urusan dirinya. Jika ia memiliki alasan yang sah untuk suatu kesalahan, dan menjelaskannya kepada gurunya lebih bermanfaat, maka boleh baginya untuk melakukannya. Namun, jika tidak ada manfaat dalam penjelasan itu, lebih baik ia tidak memberitahukan, kecuali jika diamnya justru dapat menimbulkan kerugian, maka dalam hal ini ia wajib menjelaskan alasannya.

BeritaTerkait:

Mbah Hasyim dan Santri Nusantara: Api Kebangsaan yang Tak Pernah Padam

PNIB Waspadai Tagar ‘Reset Indonesia’ bisa menjadi Ancaman

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-03)

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-02)

والسابع ان لا يدخل على الشيخ فى غير المجلس العام الا باستئذان سواء كان الشيخ وحده او كان معه غيره، فان استئذن بحيث يعلم الشيخ ولم يأذن له انصرف ولا يكرر الاستئذان، وان شك فى علم الشيخ به فلا يزيد فى الاستئذان فوق ثلاث مرات او ثلاث طرقات للباب، وليكن طرق الباب خفيفا بأدب وبإظفار الاصابع ثم بالاصابع قليلا قليلا، واذا اذن وكانوا جماعة تقدم افضلهم واسنهم فى الدخول والسلام عليه ثم سلم عليه الافضل فالافضل.

Ketujuh, seorang pelajar hendaknya tidak memasuki ruangan guru di luar majelis umum kecuali dengan izin, baik guru itu sendirian maupun bersama orang lain. Jika ia sudah meminta izin dengan cara yang diketahui oleh guru, tetapi tidak memberi beri izin padanya, maka ia harus pergi dan tidak mengulangi permintaan izin. Jika ia ragu apakah gurunya telah mengetahui permintaan izinnya atau tidak, maka ia tidak boleh meminta izin lebih dari tiga kali atau mengetuk pintu lebih dari tiga kali. Hendaknya ketukan pintu dilakukan dengan lembut dan sopan, dimulai dengan kuku-kuku jari-jarinya, kemudian dengan jari-jarinya secara perlahan-lahan. Jika telah memberi izin dan mereka datang secara berkelompok, maka pelajar terbaik dan tertua di antara mereka harus masuk lebih dahulu dan memberi salam kepada guru, kemudian diikuti oleh yang lain sesuai dengan kedudukannya.

ويدخل على الشيخ كامل الهيئة متطهر البدن والثياب نظيفهما بعدما يحتاج اليه من اخذ ظفر وازالة رائحة كريهة لا سيما اذا قصد العلم فانه مجلس ذكر واجتماع وعبادة.

Seorang pelajar hendaknya menemui guru dalam keadaan rapi, dengan badan dan pakaian yang bersih, serta telah melakukan kebersihan diri seperti memotong kuku dan menghilangkan bau yang tidak sedap, terutama jika seseorang datang untuk menuntut ilmu, karena majelis ilmu adalah tempat untuk berzikir, berkumpul, dan beribadah.

ومتى دخل على الشيخ فى غير المجلس العام وعنده من يتحدث معه فسكتوا عن الحديث او دخل والشيخ وحده يصلى او يذكر او يطالع فترك ذلك سكت ولا يبدؤه بالكلام بل يسلم ويخرج سريعا الا ان يإمره الشيخ بالمكث. واذا مكث فلا يطيل الا ان يإمره بذلك.

Dan ketika seseorang masuk menemui guru di luar majelis umum dan mendapati guru sedang berbicara dengan seseorang lalu mereka terdiam, atau jika ia masuk dan mendapati guru sedang salat, berzikir, atau membaca buku, lalu menghentikan aktivitasnya, maka hendakny ia diam dan tidak memulai pembicaraan, bahkan ia cukup memberi salam lalu segera keluar, kecuali jika guru memerintahkannya untuk tetap tinggal. Jika ia diperbolehkan tinggal, maka ia tidak boleh berlama-lama kecuali jika diperintahkan.

واذا حضر مكان الشيخ فلم يجده جالسا انتظره كيلا يفوت على نفسه درسه ولا يطرق عليه ليخرج اليه، وان كان نائما صبر حتى يستيقظ، او ينصرف ثم يعود، زالصبر خير له.

Jika seorang pelajar menghadiri tempat guru dan tidak menemukannya sedang duduk, maka ia harus menunggu agar tidak melewatkan pelajarannya, tetapi tidak boleh mengetuk pintu untuk memanggil guru keluar. Jika guru sedang tidur, maka ia harus bersabar hingga guru bangun, atau ia bisa pergi dan kembali lagi nanti, dan bersabar dalam hal ini lebih baik baginya.

ولا يخترع عليه وقتا خاصا به دون غيره وان كان رئيسا او كبيرا لما فيه من الاترفع والحمق على الشيخ والطلبة، فإن بدأه الشيخ بوقت معين او خاص لعذر عائق له عن الحضور مع الجماعة او لمصلحة رآها الشيخ فلا باس به.

Ia juga tidak boleh menetapkan waktu khusus untuk bertemu guru hanya untuk dirinya sendiri, berbeda dari orang lain, meskipun ia adalah seorang pemimpin atau tokoh besar, karena hal itu menunjukkan sikap sombong dan merendahkan guru dan murid-murid lainnya. Namun, jika guru sendiri yang menentukan waktu khusus untuknya karena suatu alasan yang menghalanginya hadir bersama rombongan atau adanya suatu kemaslahatan yang dilihat oleh guru, maka hal itu tidak mengapa.

Bersambung >

Agus Amar Suchaemi AlBarbasy (Gus Amar), Nyantri di Lirboyo Alumni IKAHA (UNHASY) Tebuireng Jombang.

Tags: KH. Hasyim Asy'ariKitab Adabul Alim wal MutaallimKitab KuningNgaji Kitab
Share202Tweet127SendShare
liputan9news

liputan9news

Media Sembilan Nusantara Portal berita online yang religius, aktual, akurat, jujur, seimbang dan terpercaya

BeritaTerkait

Mbah Hasyim dan Santri Nusantara: Api Kebangsaan yang Tak Pernah Padam
Opini

Mbah Hasyim dan Santri Nusantara: Api Kebangsaan yang Tak Pernah Padam

by liputan9news
October 22, 2025
0

"Perjuangan Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari membuktikan bahwa semangat santri bukan hanya tentang agama, tetapi juga tentang cinta tanah air dan...

Read more
PNIB-Reset Indonesia

PNIB Waspadai Tagar ‘Reset Indonesia’ bisa menjadi Ancaman

September 22, 2025
Hasyim Asy'ari

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-03)

May 19, 2025
Hasyim Asy'ari

Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 6 Bagian Ke-02)

May 6, 2025
Load More

Comments 1

  1. Pingback: Ngaji Kitab Adabul Alim wal Mutaallim Karya Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari (Bab 3 Bagian Ke-01) - Liputan 9

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Gus Yahya

PBNU Respon Rais Am JATMAN yang telah Demisioner dan Teken Sendirian Surat Perpanjangan Kepengurusan

November 26, 2024
Akhmad Said Asrori

Bentuk Badan Hukum Sendiri, PBNU: JATMAN Ingin Keluar Sebagai Banom NU

December 26, 2024
Jatman

Jatman Dibekukan Forum Mursyidin Indonesia (FMI) Dorong PBNU Segera Gelar Muktamar

November 22, 2024
Al-Qur’an Surat Yasih Arab-Latin dan Terjemahnya

Al-Qur’an Surat Yasih Arab-Latin dan Terjemahnya

2463
KBRI Tunis Gelar Forum Peningkatan Ekspor dan Investasi di Sousse, Tunisia

KBRI Tunis Gelar Forum Peningkatan Ekspor dan Investasi di Sousse, Tunisia

757
KA Turangga vs KA Commuter Line Bandung Raya Tabrakan, Apa Penyebabnya?

KA Turangga vs KA Commuter Line Bandung Raya Tabrakan, Apa Penyebabnya?

141
Syekh Naim

Sekjen Hizbullah Sebut Serangan ke Rumah Netanyahu Tunjukkan Keberhasilan Intelijen yang Signifikan

October 28, 2025
UMKM Langkah Awal Membangun Kewirausahaan

Langkah Awal Membangun Kewirausahaan

October 28, 2025
Ibn Khaldun

Ibn Khaldun, Filsafat Sejarah, Sejarah Sosial

October 28, 2025
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
  • Media Sembilan Nusantara

Copyright © 2024 Liputan9news.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
  • Artikel
    • Opini
    • Resensi
    • Download
  • Ekonomi
    • Wisata-Travel
    • Bisnis
    • Karir
    • UMKM
    • Lowongan Kerja
  • Politik
    • Pilkada
    • Pilpres
  • Kesehatan
  • Dunia Islam
    • Filantropi
    • Amaliah NU
    • Al-Qur’an
    • Tasawuf
    • Muallaf
    • Sejarah
    • Ngaji Kitab
    • Khutbah
    • Tanya-Jawab
    • Ramadan
    • Seputar Haji
    • Syiar Islam
  • Lainnya
    • Agenda
    • Pendidikan
    • Sejarah
    • Buku
    • Tokoh
    • Seni Budaya

Copyright © 2024 Liputan9news.

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In