فى آداب المتعلم فى دروسه
والحادى عشر ان يكون جلوسه بين يدي الشيخ على ما تقدم تفصيله وهيئاته فى ادابه مع شيخه، ويحضر كتابه الذى يقرأ منه معه ويحمله بنفسه ولا يضعه على الارض حال القراءة مفتوحا، بل يحمله بيده، ولا يقرأ منه الا بعد استئذان من الشيخ،
Kesebelas, hendaknya seorang pelajar duduk di hadapan gurunya sebagaimana cara yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai adab dan tata cara duduk bersama guru. Ia juga harus membawa kitab yang akan dibacanya, membawanya sendiri, dan tidak meletakkannya di tanah dalam keadaan terbuka saat membaca. Sebaliknya, ia harus memegangnya dengan tangannya. Ia tidak boleh membaca kitab tersebut kecuali setelah meminta izin dari gurunya.
ولا يقرأ عند شغل قلب الشيخ او ملله او غضبه او غمه او نحو ذلك، فاذا اذن له الشيخ استعاذ من الشيطان الرجيم ثم يسمى الله ويحمده ويصلى ويسلم على النبى صلى الله عليه وسلم وعلى اله وصحبه،
Selain itu, ia tidak boleh membaca ketika hati gurunya sedang sibuk, lelah, marah, sedih, atau dalam keadaan yang serupa. Jika gurunya telah memberi izin, maka ia harus terlebih dahulu membaca ta’awudz (memohon perlindungan dari setan yang terkutuk), kemudian membaca basmalah (menyebut nama Allah), memuji Allah, bersalawat serta mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad ﷺ beserta keluarga dan para sahabatnya.
ثم يدعو للشيخ ولوالديه ولمشايخه ولنفسه ولسائر المسلمين، ويترحم على مصنف الكتاب عند قراءته،
Setelah itu, ia berdoa untuk gurunya, kedua orang tuanya, para gurunya, dirinya sendiri, dan seluruh kaum muslimin. Ia juga harus mendoakan rahmat bagi penyusun kitab yang sedang dibacanya.
واذا دعا الطالب للشيخ قال رضي الله عنكم او عن شيخنا او امامنا او نحو ذلك، ويقصد به الشيخ،
Jika seorang pelajar mendoakan gurunya, ia dapat mengucapkan “Semoga Allah meridhai Anda,” atau “Semoga Allah meridhai guru kami atau imam kami, atau yang semacamnya,” dan yang ia maksudkan itu ditujukan kepada sang guru.
واذا فرغ من الدرس دعا للشيخ ايضا، فان ترك الطالب الاستفتاح بما ذكر جهلا او نسيانا نبهه عليه وعلمه اياه وذكره به فانه من اهم الاداب.
Ketika pelajaran selesai, hendaknya ia kembali berdoa untuk gurunya. Jika seorang pelajar lupa atau tidak mengetahui adab ini, maka hendaknya ia diingatkan dan diajari, karena hal ini termasuk adab yang paling penting.
والثانى عشر ان يثبت على كتاب حتى لا يتركه ابتر، وعلى فن حتى لا يشتغل بفن آخر قبل ان يتقن الاول، وعلى بلد حتى لا ينتقل الى بلد آخر من غير ضرورة، فان ذلك يفرق الامور ويشغل القلب ويضيع الاوقات،
Kedua belas, hendaknya ia tetap berpegang pada satu kitab hingga tidak meninggalkannya dalam keadaan tidak selesai, serta berfokus pada satu bidang ilmu hingga ia benar-benar menguasainya sebelum beralih ke bidang lain. Ia juga sebaiknya menetap di suatu tempat dan tidak berpindah ke tempat lain tanpa alasan yang mendesak, karena berpindah-pindah dapat menyebabkan urusan menjadi berantakan, menyibukkan hati, dan menyia-nyiakan waktu.
وان يكون متوكلا، فلا يهتم بامر الرزق ولا يشغل قلبه بذلك، وان لا ينازع احدا ولا يخاصمه، فانه يضيع الاوقات ويورث الحقد والحسد والبغضاء،
Ia harus bertawakal kepada Allah, tidak terlalu mengkhawatirkan urusan rezeki, dan tidak membiarkan hatinya disibukkan dengan hal tersebut. Ia juga harus menghindari perselisihan dan pertengkaran dengan siapa pun, karena hal itu hanya akan membuang waktu, menumbuhkan rasa dengki, iri, serta permusuhan.
ويجتنب عن مجالسة المكثار واهل الفساد والمعاصى والبطالة، فان المجاورة مؤثر لا محالة، وان يجلس مستقبل القبلة،
Selain itu, ia harus menjauhi orang-orang yang banyak bicara tanpa manfaat, serta mereka yang bergelimang dalam kerusakan, kemaksiatan, dan kelalaian, karena pergaulan pasti membawa pengaruh.
وان يستن بسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم،
ويغتنم دعوة اهل الخير، ويحترز عن دعوة المظلوم عن الغيبة، وان يكثر الصلاة، وان يصلي صلاة الخاشعين.
Ia harus mengikuti sunnah Rasulullah ﷺ, memanfaatkan doa dari orang-orang saleh, serta berhati-hati dari doa orang yang terzalimi dan dari perbuatan ghibah.
Ia juga harus banyak melaksanakan salat, dan melaksanakan salat dengan penuh kekhusyukan sebagaimana salatnya orang-orang yang khusu’.
والثالث عشر ان يرغب الطلبة فى التحصيل، ويدلهم على مظان الاشتغال والفائدة، ويصرف عنهم الهموم المشتغلة عنه،
Ketiga belas, hendaknya ia mendorong para pelajar untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, menunjukkan kepada mereka tempat-tempat yang tepat untuk belajar dan memperoleh manfaat ilmu, serta membantu mereka menghindari hal-hal yang dapat menghambat proses belajar.
ويهون عليهم مؤنته، ويذكر لهم ما استفاده من القواعد والغرائب على جهة النصيحة والمذاكرة، فبذلك يستنير قلبه، ويبارك له فى علمه ويعظم ثوابه،
Ia juga sebaiknya meringankan biaya mereka dalam menuntut ilmu dan berbagi dengan mereka apa yang telah ia pelajari, baik berupa kaidah-kaidah maupun hal-hal asing dalam ilmu, dengan niat memberi nasihat dan menghidupkan diskusi ilmiah. Dengan cara ini, hatinya akan menjadi lebih terang, ilmunya akan diberkahi, dan pahalanya akan bertambah besar.
ومن بخل بذلك فلا يثبت معه، وان ثبت لم يثمر، وقد جرب ذلك جماعة من السلف،
Sebaliknya, jika seseorang enggan berbagi ilmu, maka ilmunya tidak akan melekat, dan sekalipun tetap ada, ia tidak akan bermanfaat. Hal ini telah dibuktikan oleh para ulama terdahulu.
ولا يفتخر عليهم او يعجب بجودة ذهنه، بل يحمد الله تعالى ويستزيد منه بدوام شكره،
Ia juga tidak boleh membanggakan dirinya atau merasa lebih baik karena kecerdasan yang dimilikinya. Sebaliknya, ia harus memuji Allah dan terus bersyukur agar Allah menambah ilmunya.
ويكرمهم بإفشاء السلام وظهور المودة والاحترام،
ويراعى لهم حق الصحبة والأخوة فى الدين والحرفة، فانهم اهل العلم وحملته وطلابه،
Selain itu, ia harus menghormati para pelajar dengan menyebarkan salam, menampakkan kasih sayang dan rasa hormat, serta menjaga hak persahabatan dan persaudaraan dalam agama dan dalam pekerjaan. Karena mereka adalah ahli ilmu, para pengemban dan pencari ilmu.
ويتغافل عن تقصيرهم ويغفر زللهم ويستر عوراتهم ويشكر محسنهم ويتجاوز عن مسيئهم.
Hendaknya ia bersikap lapang dada terhadap kekurangan mereka, memaafkan kesalahan mereka, menutup aib mereka, berterima kasih kepada mereka yang berbuat baik, dan memaafkan mereka yang bersalah.
Selesai.
Agus Amar Suchaemi AlBarbasy (Gus Amar), Nyantri di Lirboyo Alumni IKAHA (UNHASY) Tebuireng Jombang.
Comments 1